Craft & WeddingPerlukah Menyewa Gaun Pengantin? Ini Kelebihan dan Kekurangannya - Sagu Hati

August 6, 20180

Selain venue dan katering, rupanya gaun pengantin menjadi salah satu item yang juga cukup banyak menguras anggaran saat menggelar sebuah resepsi pernikahan. Ya, tentu saja gaun pengantin tidak murah.

Misalnya saja, untuk sebuah gaun pengantin rancangan desainer bisa menyentuh angka dua digit bahkan ratusan juta. Maka, tak heran jika banyak pasangan yang mulai berpikir, apakah cukup berarti jika harus mengeluarkan anggaran sebegitu besar demi memiliki gaun yang hanya dipakai sekali seumur hidup?

Tentu saja, selalu ada kelebihan dan kekurangan atas setiap keputusan yang diambil. Buat kamu yang ingin menyewa gaun pengantin atau ingin memesannya secara custom tentu sah-sah saja, selama memang tak memberatkan anggaran. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan apabila kamu ingin menyewa gaun untuk dipakai di hari spesial nanti:

KELEBIHAN:

Biaya rendah

Anggaran tentunya menjadi pertimbangan paling kuat, dan pastinya menyewa gaun pengantin akan menekan anggaran cukup banyak sehingga tidak terlalu boros. Apalagi, gaun ini hanya dipakai sekali seumur hidup bukan? Toh, banyak juga tempat sewa yang menawarkan gaun pengantin yang modis dan kece.

Tawaran ekstra

Terkadang ketika pasangan ingin menyewa gaun atau busana pengantin, perusahaan sewa biasanya suka menawarkan dalam satu paket beserta sepatu atau aksesoris terkait. Dengan mengambil satu paket, kamu dan pasangan pun bisa mendapatkan peluang diskon yang pastinya akan lebih menghemat anggaran.

Tak repot merawat

Setelah membeli dengan biaya yang mahal, apakah gaun pengantin dapat disimpan begitu saja tanpa perawatan? Tentu saja tidak lantaran perawatan gaun pengantin juga memakan biaya. Maka, dengan menyewa, urusan menyimpan dan merawat tak perlu dikhawatirkan lagi. Pakai sehari, kembalikan ke tempat penyewaan, selesai.

Pilih karya desainer

Punya impian memakai gaun pengantin rancangan desainer, namun terlalu mahal jika membelinya? Maka, menyewa adalah solusi jitu untuk persoalan ini. Kamu pun bisa tetap tampil memesona, meski hanya menyewa gaun.

Tetap nyaman meski menikah di luar kota

Teruntuk pasangan yang menikah di luar kota atau menikah ala wisata, opsi menyewa gaun pengantin tentunya sangat membantu dalam persiapan jelang hari H. Mereka tak perlu khawatir atau repot untuk packing dan membawa setrika saat gaunnya kusut.

KEKURANGAN

Opsi terbatas

Ada kelebihan, tentu saja ada kekurangan jika calon pasangan menyewa gaun pengantin. Salah satunya adalah pilihan yang terbatas. Jika kamu termasuk tipe orang yang cukup perhatian terhadap gaya spesifik dan cukup pemilih, maka menyewa gaun mungkin bukan pilihan terbaik.

Ukuran tidak bisa disesuaikan

Masalah lainnya, kalaupun kamu sudah menemukan gaun yang disukai, tapi apakah cocok dengan ukuran tubuh? Bagi kamu yang memiliki bentuk tubuh proporsional mungkin cukup mudah, tapi bagaimana jika kamu membutuhkan ukuran yang lebih spesifik? Tentunya, hal ini harus didiskusikan dengan konsultan sewa gaun.

Tanggung jawab jika ada yang rusak

Kecelakaan dapat terjadi kapan saja, termasuk juga jika ada kerusakan kecil pada gaun pengantin. Pasangan pengantin biasanya akan menjadi pihak yang akan dimintai pertanggungjawaban jika hal itu terjadi (rusak atau kehilangan).

Fee tambahan

Fee tambahan bisa termasuk dalam pengiriman, asuransi dan biaya lainnya. Pastikan membaca perjanjian yang disepakati selama masa sewa, termasuk kondisi barang setelah pengembalian.

Tak ada kenangan

Bagi sebagian pasangan, gaun pengantin tentunya meninggalkan simbol terhebat dan kenangan manis seumur hidup. Ya, tentu kalau pernikahannya langgeng yah 😀 . Maka, bagi kamu yang ingin menyewa gaun, tentunya akan kehilangan nilai sentimentil-nya.

Nah, itulah sekiranya kelebihan dan kekurangan jika menyewa gaun pengantin. Mana yang lebih nyaman buat kamu?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.