Craft & Wedding5 Tips Menggelar Resepsi Pernikahan di Venue Semi Outdoor - Sagu Hati

June 12, 20180

Saat ini, memang makin banyak venue pernikahan di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan Bogor yang menawarkan konsep semi outdoor, sehingga terkesan lebih kasual dan alami.

Hal ini juga mengingat calon mempelai yang notabene merupakan generasi milenial lebih menginginkan suasana pernikahan yang intim dan berkesan dengan dekorasi unik. Mereka mulai terbiasa meninggalkan suasana pernikahan tradisional di gedung yang cenderung monoton dan membosankan.

Namun, salah satu hal utama yang harus dipertimbangkan saat menikah di ruang semi outdoor adalah cuaca yang bersahabat. Selain itu, beberapa hal lain yang harus dipikirkan adalah logistik, perencanaan yang baik, dan dekorasi.

Beberapa venue yang bisa dipilih juga cukup banyak seperti, pantai, taman, atau mungkin di perkebunan anggur, seperti halnya resepsi pernikahan Angelina Jolie dan Brad Pitt tahun 2014 di Prancis 🙂

Tentukan lokasi, lokasi, dan lokasi

venue pernikahan
sumber: chicandstylishwedding

Memilih venue pernikahan memang tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak pasangan yang sudah naksir dengan suasana tempatnya, tapi lokasi parkirnya terbatas, atau pengelolanya kurang profesional.

Untuk itu, penting untuk melakukan survei dan mengecek testimoni para pengguna jasa lainnya sebelum memutuskan venue yang dipilih. Beberapa venue semi outdoor di Jakarta dan sekitarnya yang bisa dipertimbangkan adalah Taman Kajoe, Plataran Cilandak, atau Felfest UI di kawasan kampus UI Depok.

Jika memilih konsep destination wedding, maka kamu dan pasangan bisa memilih pantai atau daerah pegunungan untuk menikah. Namun, perlu diingat bahwa jika kamu menggelar pesta di luar kota, bagaimana dengan akomodasi para tamu yang akan diundang nanti?

Aksesibilitas

resepsi pernikahan
sumber: openrice

Sebagai empunya acara, tentu saja kita tak ingin bukan para tamu merasa kesulitan mengakses lokasi acara pernikahan? Untuk itu, pertimbangkan akses menuju ke venue, apakah termasuk jalan yang macet, lokasi parkir tersedia cukup memadai,  toilet dan ruang ganti yang memadai, kapasitas venue? Kenyamanan para tamu tentunya juga harus dipikirkan agar tidak menjadi bahan omongan di kemudian hari 😀

Cuaca dan Temperatur

resepsi pernikahan
sumber: okezone

Salah satu tantangan mengadakan resepsi semi outdoor adalah cuaca. Tentu saja jika cuaca cerah, acara dipastikan berjalan lancar. Namun bagaimana jika hujan turun? Adakah alternatif bagi para tamu untuk berlindung? Memang akan jauh lebih aman jika tidak mengadakan acara di musim penghujan. Tapi, jika di musim kemarau, biasanya matahari akan sangat terik di antara jam 13.00-15.00, mungkin bisa coba dikondisikan jam-jam yang nyaman agar para tamu juga tidak perlu merasa kepanasan.

Sementara untuk makanan, pastikan venue menyediakan penutup memadai agar tak terkena debu atau lalat. Untuk mengusir lalat, coba pertimbangkan menggunakan lilin anti nyamuk aromaterapi citronella di setiap sudut ruang.

Dekorasi

resepsi pernikahan
sumber: loveandlavender

Sebelum pengerjaan dekorasi pernikahan dimulai, pastikan kamu dan pasangan sudah mengomunikasikan flow acara dari mulai pre-seremoni hingga resepsi ke tim dekor. Salah satu keuntungan menggelar resepsi pernikahan outdoor adalah orang-orang sudah disajikan dengan pemandangan alam yang indah. Pemilihan aksesoris untuk dekorasi pernikahan tentunya akan semakin menambah cantik suasana.

Gaya dan tema umum pernikahan nantinya akan menentukan item-item apa saja yang bisa digunakan untuk dekorasi. Misalnya saja, menggunakan tali pencahayaan untuk menerangi pernikahan di malam hari, lampion dari kertas putih untuk digantung di langit-langit, atau lilin mengapung di tiap sudut ruang.

Tambahkan, bunga-bunga dan pepohonan mini untuk kesan lebih romantis. Biasanya, para mempelai juga menginginkan ada sebuah spot khusus untuk dijadikan tempat berfoto ria bersama kerabat. Kamu pun bisa mengondisikan hal ini ke tim dekor.

Selamat mencoba!

Loveandlavender.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.