Craft & Wedding5 Pilihan Bahan Tas untuk Souvenir Pernikahan - Sagu Hati

July 28, 20180

Sebagai benda yang selalu dibawa sehari-hari, tas memang kerap dijadikan sebagai ide souvenir pernikahan yang dinilai bermanfaat. Apalagi, jika para tamu yang diberikan souvenir itu adalah kerabat dekat dalam kehidupan, tentu setiap pasangan pastinya ingin memberikan sesuatu yang istimewa sebagai ucapan terima kasih.

Setiap tas memang memiliki variasi desain dan fungsi masing-masing. Sebut saja, tas model crossbody yang cocok digunakan untuk kegiatan santai petulangan atau wisata, clutch digunakan untuk pesta atau acara formil, sedangkan tote bag cenderung bisa digunakan untuk beragam kegiatan kapan pun dan di mana pun.

Selama ini, tote bag dan pouch memang menjadi dua item yang paling banyak difavoritkan para pasangan untuk dijadikan souvenir pernikahan. Selain modelnya yang simple, manfaatnya juga cukup banyak, apalagi jika didesain secara personal sesuai karakter dan impian sang pasangan. Sebuah tote bag atau pouch yang dijadikan souvenir untuk para kerabat, tentunya harus kokoh, serbaguna, praktis, dan sedap dipandang.

Material yang cukup populer digunakan untuk tote bag serbaguna ini di antaranya, kanvas, denim, atau calico. Memilih material untuk tote bag sebagai souvenir pernikahan pastinya menjadi bagian proses penting bagi klien karena akan menentukan kualitas sekaligus biaya yang harus dikeluarkan. Lalu, apa saja pilihan bahan untuk membuat tas souvenir pernikahan, seperti tote bag, pouch, tempat paspor, atau tempat kartu? Berikut ini rangkumannya.

1. Kanvas

souvenir pernikahan

Kanvas sangat populer digunakan untuk eksterior varian tas, semakin tebal kualitasnya tentu harganya semakin mahal. Ragam tas yang biasanya menggunakan kanvas, adalah tas jinjing, pouch, tas tote, bahkan tas travel. Sebagai ide souvenir pernikahan, tote bag berbahan kanvas dapat disablon dengan desain ciamik sehingga tas tak hanya punya aspek fungsional saja, namun juga estetika.

2. Blacu (calico)

souvenir pernikahan

Selain kanvas, blacu juga menjadi salah satu bahan yang cukup populer untuk dijadikan tas sebagai souvenir pernikahan. Dari segi harga, blacu atau calico memang lebih murah dibandingkan kanvas. Hal ini lantaran blacu merupakan tekstil yang dibuat dari proses setengah jadi dan serat kapas yang tak dikelantang alias diwarnai.

Blacu memang salah satu bahan alami, namun tidak sekuat bahan denim atau kanvas. Lantaran prosesnya hanya setengah jadi, maka warna blacu cenderung kecokelatan di mana terdapat flek yang masih terlihat di bahan, namun menjadi dasar yang sempurna untuk disablon dengan desain yang lebih berwarna.

3. Kulit

souvenir pernikahan

Selain kanvas dan blacu, material kulit juga menjadi salah satu yang populer digunakan untuk tas atau aksesoris ide souvenir pernikahan. Bahan kulit memang terkesan elegan dan mewah. Tak hanya kulit asli, namun juga kulit sintetis dengan teknik emboss banyak diminati para pasangan yang ingin memberikan kenang-kenangan istimewa bagi kerabat mereka.

Jenis kulit sintetis sendiri memiliki bermacam tipe, dari mulai yang kualitas rendah hingga premium. Memang ada beberapa keuntungan menggunakan kulit sintetis, di antaranya sebagai alternatif pengganti kulit sapi asli, warna yang lebih variatif dan pastinya harga yang lebih terjangkau.

4. Sthenolid

souvenir pernikahan

Sthenolid merupakan salah satu material yang juga biasa digunakan untuk barang-barang sablon (printed goods). Teksturnya yang lembut, licin, ringan, mengkilap, daya serap tinta yang tinggi, serta memiliki ketebalan mumpuni, menjadikan bahan ini cocok digunakan sebagai bahan baku tas, terutama untuk aktivitas outdoor. Bahan ini di antaranya terbuat dari 62 persen katun (5 persen dari organik), 34 persen polyester, dan 4 persen spandex.

5.Polyester

souvenir pernikahan

Nylon dan polyester merupakan material yang mirip, dan keduanya kerap dijadikan bahan baku tas untuk aktivitas outdoor. Polyester pertama kali diproduksi di Inggris pada awal tahun 1940-an dan pertengahan 1950-an. Bahan ini kemudian menjadi begitu populer dalam dunia tekstil dan mulai secara masif dijadikan bahan baku beragam produk.

Polyester yang menjadi bahan baku produk dan pakaian sintetis, sebetulnya memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan produk alami. Misalnya saja, lebih tahan lama dibandingkan bahan katun dan wol, dan tidak mudah kusut. Dalam perkembangannya, bahan ini  kerap diubah menjadi deretan produk print yang penuh warna, cantik, dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.