Art & Pop Culture5 Langkah Merencanakan Pernikahan yang Sempurna - Sagu Hati

June 11, 20180

Menggelar hari pernikahan yang sempurna adalah impian setiap pasangan. Namun, terkadang sisa waktu yang sedikit dengan pilihan super banyak, kerap membuat calon mempelai menjadi bingung. Maka, sebelum memutuskan adat apa yang ingin dipakai, venue, busana, kue, hingga souvenir, pastikan kamu dan pasangan melihat big picture dulu mengenai tema umum pernikahan nanti.

Misalnya, ingin tema garden party, beach party, atau semi outdoor, lalu elaborasi perencanaan kamu dan pasangan poin per poin dalam sebuah buku (wedding planner) atau aplikasi. Terlebih, pernikahan idealnya adalah momentum yang harusnya terjadi sekali seumur hidup. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dicoba:

1. Berpikir secara umum dulu

pernikahan
sumber: ultimateweddinglive

Berpikir secara umum atau mengambil garis besarnya dulu merupakan proses awal sebelum menuju tahap selanjutnya. Jadi, jangan khawatir hal itu akan menyita banyak perhatian. Dengan mengambil garis besar dulu, kamu pun bisa elaborasi satu per satu kebutuhan di hari H nanti bersama keluarga besar: Buat list seperti ini:

  • Pesta besar (meriah) atau private (hanya teman dekat dan saudara)?
  • Outdoor atau indoor?
  • Di rumah, gedung kota tempat tinggal atau di luar kota (destination wedding)?
  • Modern, klasik, romantis, vintage, rustic, atau glamor?
  • Fancy, kasual, resmi?

2. Kumpulkan dan simpan inspirasi

pernikahan
sumber: cofetti.ie

Untuk semkin memperjelas ide yang kamu inginkan (atau tidak), gunakan waktu luang untuk membaca majalah pernikahan, buku, blog, atau foto-foto pernikahan orang lain. Namun, jangan batasi diri pada sumber itu-itu saja.Coba berjalan-jalan melihat pola wallpaper atau desain paket parfum pun mungkin bisa jadi ide menarik nantinya. Kumpulkan semua ide dalam papan inspirasi di buku atau aplikasi. Dengan demikian, kamu bisa memvisualisasikan bagaimana elemen-elemen yang beda itu jika disatukan.

3. Tentukan gaya

pernikahan
sumber: pixabay

Seberapa fancy atau kasual kamu ingin terlihat nanti? Apakah kamu menginginkan para tamu nanti berbusana formal atau informal? Tema dekorasi pernikahan kamu pun bisa menentukan gaya tersebut. Misalnya, tema pernikahan di pantai tentunya akan lebih kasual, sementara di ballroom hotel mungkin lebih mengangkat gaya klasik dan elegan. Dalam acara, apakah kamu hanya akan mengadakan makan malam bersama saja, menggelar pesta sampai subuh, atau menceburkan diri ke kolam renang layaknya orang piknik?

4. Pilih nuansa warna-mu

pernikahan
sumber: detik

Warna adalah faktor yang menyatukan dalam elemen pernikahan, dari mulai nuansa undangan pernikahan hingga gaun yang akan digunakan para bridesmaid. Cara termudah untuk membuat elemen-elemen pernikahan kamu bisa menyatu adalah dengan menetapkan satu warna utama dan warna aksen, serta dua warna komplementer untuk menghadirkan kontras yang lebih cerah. Namun, jangan merasa terbatasi pada dua warna saja, kamu pun bisa menambahkan akses metalik atau netral demi membuat palette terlihat kuat.

5. Tentukan motif dan nuansa

pernikahan
sumber: weddingomania

Motif merupakan hiasan terakhir yang bisa mengikat seluruh tampilan pernikahan kamu. Motif bisa muncul di mana saja dari mulai undangan pernikahan hingga kue yang menyampaikan gaya khas kamu dan pasangan. Apa pun pilihan kamu, pastikan hal itu memang sesuai dambaan. Kamu dan pasangan pasti ingin kepribadian dan passion bisa bersinar di hari pernikahan nanti, sehingga momentum yang hanya sekali seumur hidup itu benar-benar bisa berkesan tak hanya untuk mempelai, namun juga para kerabat yang menyaksikannya.

Nah, kalau kamu udah nggak sanggup ngurus semua sendiri, barulah pakai jasa wedding organizer 😀

 

Sumber: By Lauren Kay/ theknot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.