Craft & Wedding4 Prioritas dalam Merencanakan Pernikahan - Sagu Hati

August 27, 20180

Kamu sudah serius bersama pasangan menuju jenjang lebih tinggi? Kini, waktunya mempersiapkan hal-hal terkait pernikahan. Siapa sih yang gak mau pesta pernikahannya bisa terselenggara sempurna?

Bagi yang tidak menggunakan jasa wedding organizer (WO), siap-siap jika hari-hari kamu akan disibukkan dengan beragam aktivitas persiapan, seperti mempersiapkan anggaran, memilih tanggal yang tepat dan memilih vendor.

Pada dasarnya, merencanakan sebuah pesta pernikahan yang hanya sekali seumur hidup adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan selama kamu benar-benar menikmati prosesnya. Lalu, apa saja prioritas utama dalam pernikahan agar calon pengantin tidak keteter? Berikut ulasannya:

Menetapkan tanggal

Ya, pasti dong, sebelum merencanakan hari H, kamu dan pasangan harus menetapkan tanggal terlebih dulu. Namun, terkadang pilihan venue apakah indoor atau outdoor membuat pasangan akan memilih bulan-bulan berdasarkan kondisi cuaca. Pastikan, kamu dan pasangan menetapkan tanggal paling tidak 6 bulan setelah prosesi lamaran, agar punya lebih banyak waktu luang untuk persiapan. Di saat yang sama, pada tahapan ini kamu dan pasangan juga sudah bisa langsung memesan undangan pernikahan untuk dicetak.

Menentukan anggaran

Setelah tanggal sudah pasti, tahap berikutnya adalah menentukan anggaran keseluruhan pernikahan. Berdasarkan survey dari tim Bridestory tahun 2017, anggaran pernikahan biasanya terbagi dalam beberapa kategori yakni, affordable (20-400 juta), moderate ((Rp 40- 800 juta), premium (Rp 100 juta- 2 miliar), dan luxurious (350 juta-7 miliar). Nah, tentunya kamu harus tahu akan masuk kategori yang mana. Biaya pernikahan juga biasanya ditentukan oleh banyaknya jumlah tamu, sehingga makin banyak tamu yang diundang tentu saja anggaran akan semakin meningkat. Terlebih, anggaran untuk venue dan katering juga memakan porsi cukup besar dari keseluruhan biaya.

Venue

Tanggal dan anggaran sudah pasti, kini giliran tahapan memilih vendor.  Selain undangan, biasanya para pasangan akan disibukkan memilih venue di tahap awal. Bisa jadi, tahapan ini terbilang paling sulit mengingat selera dari masing-masing pasangan bahkan pihak keluarga bisa saja berbeda-beda. Belum lagi banyak pasangan yang dihadapkan pada kondisi venue yang sudah full booked hingga beberapa bulan.

Memilih tema

Biasanya para pasangan pengantin sudah memiliki bayangan tema pernikahan yang akan dilaksanakan sebelum memilih venue. Maka, kamu dan pasangan hanya tinggal menyesuaikan saja tema pernikahan dengan pilihan vendornya atau meminta vendor khusus membuatkan pernak pernik, seperti dekorasi atau souvenir sesuai keinginan mempelai. Jangan lupa untuk memilihkan busana yang tepat bagi para bridesmaid dan groomsmen agar sesuai tema. Well, apa pun persiapannya, pernikahan adalah tentang kamu bersama pasangan. Nikmati saja prosesnya dan happy hunting!

Source: Easyweddings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.