Ide Souvenir Unik: Kreatif Lewat Aplikasi Marbling

Kenapa bisa disebut marbling?  Karena corak yang dihasilkan memang menyerupai warna pada batu marmer. Marbling adalah sebuah teknik yang dikenal juga sebagai cat dekoratif teknik efek marmer. Teknik cat ini sendiri biasa diaplikasikan di pilar-pilar beton, dinding rumah gaya klasik, serta lantai. Teknik cat dekoratif marmer biasanya dipakai sebagai alternatif pengganti bahan batu marmer yang harganya cukup tinggi.

marble
Marble used in packaging, by Yael Safirstein for Hautbox a luxury curated gift box

Teknik marbling memang bukan sesuatu yang baru dalam dunia desain. Di masa Yunani Kuno, sudah banyak  bangunan struktur raksasa yang menunjukkan eksistensi marbling yang terlihat hingga sekarang. Seolah seperti tak pernah lekang oleh waktu, para desainer grafis kembali membawakan teknik marble, dan masih tetap mempesona lewat representasi di berbagai produk.

marble
327 Creative Studio experimented with a pastel take on the traditional marble texture for this editorial design project

Namun, sejarah awal marbling tak lepas dari abad 12 di Jepang, di mana ada sebuah teknik yang dikenal dengan nama suminagashi, yang artinya “tinta mengambang” atau floating ink, biasa digunakan untuk membuat kertas. Teknik ini sendiri masih eksis di Jepang hingga kini. Namun, sejumlah peneliti meyakini, jika bentuk seni ini telah dipraktikkan sebelumnya di Tiongkok.

marble
Marble yoga pants by Beloved

Metode serupa juga berkembang di Asia Tengah pada abad 15. Di Turki, kertas marble juga digunakan untuk mencegah dokumen dipalsukan, dengan demikian desain itu tak mudah di replikasi mentah-mentah. Itulah mengapa, kertas marble, memiliki signifikansi penting bagi kerajaan Turki, dan tradisi ini pun ikut menguat ke negara tetangga, Iran.

marble
Marble jewelry at Urban Outfitters

Hingga akhirnya, metode ini menyebar ke Timur Tengah dan Eropa pada abad 17, di mana beragam negara membuat pola signatur yang dipatenkan. Inilah periode di mana, kertas marble mulai populer untuk digunakan sebagai jurnal atau buku binder, di mana hingga kini masih kerap kita temui di mana saja.

marble
Balenciaga came out with a clutch and bracelet

 

marble
Does anyone else really need to know how they made this candle?

Di era yang lebih kekinian, tesktur marbling mulai ramai digunakan tak hanya pada material kertas, tapi juga di ragam material lainnya, dari produk fesyen hingga desain interior. Lewat teknik marbling, maka motif-motif yang dihasilkan pada material tekstil produk pun lebih variatif,  eksploratif dan mempesona, hingga menambah nilai guna dan estetika dari produk itu sendiri.

Hmm, gimana kebayang mau kasih souvenir ke kerabat dengan produk bertekstur marbling? Dijamin memorable 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *