Kala Reuni Mampu Pulihkan Jiwa

Pekan lalu, kami pergi ke sebuah reuni kecil-kecilan dan bertemu dengan teman-teman di mana pertama kali bertemu dalam sebuah perjalanan ke  daerah The Kimberley Barat Utara, Australia. Ke 15 orang dari kami adalah “kawan berpetualang” hingga menjadi kawan dekat, dan menjadi sangat saling mengenal dalam waktu singkat, hidup berdekatan, jalan bersama, tertawa bersama, dan saling bercerita mengelilingi api unggun di malam hari. Dan, ketika bertemu kembali, kebanyakan di antara kami belum bertemu selama hampir dua tahun lamanya.

Awalnya, saya sempat khawatir karena tidak ada hal yang perlu dibicarakan. Mungkin kami yang telah berpindah dan melalui kehidupan lain hanya akan terjebak dalam sebuah anggukan yang menyenangkan saat membahas masa lalu. Nyatanya, tak seperti itu sama sekali.

Meski, faktanya, cerita masa lalu sudah lama lewat, namun masih banyak cerita-cerita lucu menghibur yang bisa dibahas bersama. Lebih dari itu, tanpa disadari kami pun menemukan cara untuk membangun kepercayaan satu sama lain yang membuat kami mencari dan menemukan sesuatu yang baru satu sama lain, bicara soal mimpi dan hal-hal yang akan diraih untuk masa depan. Kami menjadi sahabat dalam ikatan, dan berbagi pengalaman yang berharga untuk tetap hidup.

Apa yang membuat reuni begitu menarik bagi banyak orang, selain menjalin koneksi kembali dengan teman-teman lama? Berikut ulasannya;

Nostalgia dan kenangan

Tak bisa dimungkiri, kemajuan teknologi dan masifnya pemanfaatan media sosial sangat memudahkan siapa saja untuk saling terkoneksi satu sama lain. Menggelar sebuah reuni pun tak jadi masalah besar lagi. Merasakan kembali kehangatan dalam tawa dan masa lalu yang indah. Lewat nostalgia, anda pun akan terkoneksi kembali dengan sejarah yang kemudian membentuk diri anda sekarang ini.

Terbuka terhadap ide baru

Mungkin anda akan bertemu teman-teman yang telah memiliki kehidupan, karir, dan hobi yang beda-beda. Reuni akan memberi kesampatan untuk saling terbuka terhadap ide-ide alternatif, cara beda untuk melakukan atau melihat sesuatu. Anda pun akan menikmati obrolan bagaimana mereka bisa tumbuh seperti sekarang.

Mengenalkan pasangan ke teman lama

Punya pasangan dan keluarga bahagia? Tak ada salahnya mengenalkan mereka ke teman-teman dan berbaur dengan orang-orang yang menjadi bagian sejarah hidup anda.

Menemukan cara jadi orang sukses

Mungkin banyak di antara teman anda sudah menjadi orang sukses dalam bisnis atau pekerjaan lainnya. Momentum reuni akan membukakan peluang bagi anda untuk mendapat ide bisnis baru, cara menghasilkan uang baru, yang mungkin belum anda pikirkan sebelumnya.

Kesempatan saling belajar

Seiring bertambah usia, banyak hal yang telah dilewati berikut pelajaran di dalamnya. Di reuni, anda bisa belajar bersama, menemukan cara untuk melewati masa sulit, dan tetap menjaga keseimbangan antara hidup dan pekerjaan.

Refleksi pilihan hidup

Reuni memberi perspektif baru terhadap pilihan hidup yang telah anda buat? Mungkin saja. Anda akan memiliki obrolan atau mendengar teman lainnya bercerita sejak kalian tak lagi bertemu dan menyadari betapa bangganya anda dengan jalan yang telah dipilih.

Profesor psikologi di George Mason University, Jerome Short, mengatakan, bahwa reuni dapat membantu seseorang mengonstruksi makna hidup mereka. Pada masa sekolah, seseorang memiliki tujuan pengembangan identitas dan intimasi emosi dalam hubungan.

Reuni memungkinkan seseorang untuk mengisi tiap detil cerita hidup dan menyadari apa yang telah terjadi jika kita memilih karir atau hubungan yang berbeda. Sekalipun, ada yang punya pengalaman negatif di sekolah, reuni secara perlahan akan membuka diri mereka di tempat yang sama, dan menurunkan kegelisahan atau kemarahan yang berhubungan dengan memori buruk. Namun, tentu saja  reuni lima tahunan  setelah lulus sekolah atau 50 tahun setelahnya, memiliki efek dan manfaat yang berbeda.

 

Artikel oleh Johanna dilansir Lifestylefifty.com/Huffingtonpost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *