Pesan Tersembunyi dari Art Jakarta 2017

Tahun ini, event terbesar bagi para seniman dan ilustrator digelar kembali. Mereka diminta menampilkan karya-karya seni nan indah yang dituangkan dalam beragam bentuk produk.

Namun, ada satu hal menarik, event yang terselenggara atas kerja sama, salah satunya dengan BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) ini mengangkat tema #UnityinDiversity. Tema yang begitu pas diangkat di tengah gejolak sosial masyarakat kita sekarang.

Belum lagi perkembangan media sosial yang begitu masif, di mana informasi di seluruh dunia bisa didapat hanya lewat genggaman tangan. Isu krusialnya adalah bagaimana sikap kita menghadapi perubahan zaman dan teknologi yang begitu pesat ini.

art jakarta 2017
Art Jakarta 2017 “Souvenier”

Salah satu artwork yang cukup menarik bagi saya adalah “Souvenier” sebuah karya rug/karpet karya Putud Utama dan Rara Kuastra.

Gagasan dari karya ini berasal dari cinderamata gambar Ka’bah yang sering ditemui di ruang tamu sebagian masyarakat Indonesia dan cinderamata serupa di rumah-rumah Padang bergambar rumah Gadang. Kedua cinderamata tersebut menampilkan, keindahan, kemolekan, kebanggaan, dan kesempurnaan sebuah tempat.

Gambar-gambar unity in diversity sudah puluhan tahun menjadi slogan di negara tempat kita tinggal, namun dengan sedikit “bahan bakar” kepentingan, slogan yang bisa puluhan tahun mendarah daging pun bisa goyah fondasinya. Berawal pula dari “kendaraan” media internet-media sosial. Inilah realitas saat ini, di mana masyarakat sangat mudah dibakar dengan bahan bakar SARA.

art jakarta 2017
“Bertukar Tradisi” di Art Jakarta 2017

Selain “Souvenier” , ada pula karya “Bertukar Tradisi” oleh Adek Marhaenika di mana gagasan artwork ini berawal dari perkembangan tradisi lokal yang sudah banyak dipengaruhi budaya yang diserap asing akibat pengaruh teknologi di kalangan masyarakat urban.

skateboard art jakarta 2017
skateboard karya Ronald Apriyan “The Legend of Pandji”
sneakers art jakarta 2017
Sneakers Art Jakarta 2017

 

scarf art jakarta 2017
Aneka desain scarf yang mempesona

Selain artwork yang indah dan mengandung pesan tersembunyi, seperti tahun sebelumnya, event ini juga menampilkan beragam karya para desainer illustrator lewat ragam produk seperti tote bag, sepatu sneakers, scarf, jurnal notebook, dan tas laptop.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *