Inilah Alasan Putri Disney Kerap Memakai Gaun Bernuansa Biru

Kita mungkin kerap tak menyadarinya, tapi lama kelamaan masuk akal juga alasannya. Putri Disney, seperti Belle, Cinderella, Jasmine, dan Ariel adalah para pahlawan yang dikagumi para pengagum cerita dongeng. Namun, tak hanya sikap dan karakter yang memukau atau wajah cantik belia yang menjadi ciri khas para putri ini, tapi juga penampilan ikonik busana dan gaun yang kerap mereka pakai, bernuansa biru.

Desainer Christopher Kane, mengamati tren baru-baru ini lewat koleksi terbarunya yang terinspirasi Beauty and the Beast.

“Ketika anda berpikir setiap Disney adalah heroin, Cinderella, Beauty, dan Jasmine, mereka semua pasti memakai biru. Inilah “Disney Blue”.

Kane memang benar adanya, dari mulai Ratu Elsa dengan cape biru es-nya, hingga Alice dengan dress biru langitnya. Disney memang menjadikan biru sebagai tampilan signature-nya. Namun, itu tidak kebetulan.

Leatrice Eiseman dari Pantone Color Institute mengatakan, bahwa di balik warna biru itu ada kekuatan yang tersimpan, “anda ingin memiliki karakter yang merepresentasikan kekuatan bisa dengan memberinya biru. Ia menambahkan, inilah cara terhalus untuk berkata, “yeah”, di mana para wanita muda bisa merasakan kekuatan juga.”

Apa yang dikatan Eisemen memang masuk akal: Jasmine berusaha melarikan diri dari si jahat Jafar, Belle menemukan petualangan hebat di suatu tempat antah berantah, dan Cinderella mengabaikan perintah ibu tiri, lalu berjuang untuk datang ke pesta menemui pangeran.

Tak hanya itu, penggunaan biru yang selama ini identik dikenakan oleh para pria atau anak laki-laki, terbantahkan sudah, bahwa biru ternyata sebagai lambang kekuatan bagi kaum perempuan juga.

Alasan lainnya, mengapa biru menjadi begitu populer digunakan para putri, karena merupakan warna langit, mengingatkan kita pada harapan dan pikiran positif. Eisemen mengatakan, “ini tergantung, namun dapat dipertanggungjawabkan.

Wanita tak perlu selalu identik dengan pink, jika anda mau menampilkan karakter kuat dalam diri, tak ada salahnya mencoba nuansa biru 😉

Sumber: Elle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *